Beranda | Artikel
Seri Mengenal Islam [1]
Selasa, 20 Agustus 2019

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, kita semuanya telah mengenal bahwa Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Islam memiliki 5 pilar atau rukun :

– Syahadat/persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah

– Mendirikan sholat

– Menunaikan zakat

– Berpuasa Ramadhan

– Berhaji ke Baitullah apabila mampu

Diantara kelima rukun Islam ini, yang paling mendasar adalah dua kalimat syahadat. Di dalam dua kalimat syahadat ini tercakup pokok-pokok agama Islam. Syahadat laa ilaha illallah mengandung kaidah bahwa segala bentuk ibadah hanya boleh dipersembahkan kepada Allah. Syahadat anna Muhammadar rasulullah mengandung kaidah bahwa tidak boleh melakukan ibadah kecuali harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beribadah kepada Allah semata, inilah yang biasa kita kenal dengan istilah tauhid. Tauhid inilah perintah paling agung dalam Islam. Tauhid ini pula yang menjadi hikmah diciptakannya jin dan manusia. Allah berfirman (yang artinya), “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (adz-Dzariyat : 56)

Ibadah yang diterima adalah yang bersih dari syirik. Allah berfirman (yang artinya), “Sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada orang-orang sebelum kamu; Jika kamu berbuat syirik pasti akan lenyap semua amalmu dan benar-benar kamu akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (az-Zumar : 65)

Demikian seri ‘Mengenal Islam’ bagian pertama. Semoga pada waktu-waktu yang akan datang Allah beri kemudahan bagi kita untuk melanjutkan sharing sedikit faidah dan catatan.

Saudara kalian di jalan Allah

– Ari Wahyudi –

Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya

@ dipublikasikan oleh : Info Dakwah al-Mubarok

Ingin bergabung dengan grup wa-nya? (share hanya dari admin)


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/seri-mengenal-islam-1/